Jadwal Resmi MotoGP 2017

MotoGP 2017

Federasi Internasional Motorsport (FIM) selaku panitia penyelenggara MotoGP telah resmi merilis jadwal lomba balapan motor paling bergengsi untuk musim 2017 mendatang. Namun, jadwal pertama yang dirilis oleh FIM mengalami revisi. Dimana perubahan jadwal tersebut terjadi untuk Grand Prix Jerman yang dihelat di Sirkuit Sachsenring.

MotoGP 2017

FIM resmi rilis jadwal MotoGP 2017

Sebelumnya, pada jadwal resmi yang pertama, GP Jerman di laksanakan pada akhir pekan, tepatnya pada tanggal 16 Juli 2017. Kemudian jadwal tersebut dimajukan dua minggu kedepan menjadi awal bulan, yakni pada tanggal 2 Juli 2017.

Sehingga revisi jadwal tersebut, membuat jeda istirahat setelah GP Belanda yang dilangsungkan di Sirkuit Assen hanya menjadi satu pekan saja, yang rencananya akan dihelat pada hari Minggu, 25 Maret 2017. Adapun alasan perubahan jadwal tersebut, yaitu untuk menghindari bentrokan dengan perhelatan GP Formula 1 di Sirkuit Silverstone, Inggris, di kalender F1 yang masih terus diperbarui sebelum keluar final nantinya.

Di sisi lain, perubahan itu juga akan menambah waktu istirahat bagi para pembalap bersama tim mereka masing-masing saat memasuki musim panas MotoGP 2017. Dimana, setelah GP Jerman yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2017 akan berlanjut ke Sirkuit Brno, Grand Prix Ceko, yang baru akan dilangsungkan pada 6 Agustus tahun depan. Itu berarti, liburan musim panas akan memakan waktu melebihi satu bulan, atau empat kali race di akhir pekan.

Sementara pada musim 2016 lalu, liburan musim panas hanya selama tiga minggu saja. Terhitung dari tanggal 17 Juli 2016 di GP Jerman dan berakhir pada 14 Agustus 2016 di Sirkuit Red Bull Ring, GP Austria.

Adapun seri pertama MotoGP 2017 tidak akan mengalami perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Sirkuit Losail, Qatar tetap menjadi seri pembuka yang rencananya dihelat pada 26 Maret 2017. Dimana, GP Qatar selalu di tunggu-tunggu oleh para penggemar MotoGP, lantaran dilaksanakan pada malam hari dan membuat kendaraan para rider terlihat mengkilap.

Rossi Bertekad Catatkan Rekor Sebagai Pembalap Tertua MotoGP

Valentino Rossi yang kini telah menginjak usia 37 tahun menyatakan bahwa dirinya memiliki tekad untuk menjadi pembalap tertua di kelas utama MotoGP. “Saya akan berusaha keras untuk mencatakan sejumlah rekor di MotoGP,” begitu ungkapan sang legenda MotoGP.

Valentino Rossi

Valentino Rossi nyatakan ingin memecahkan rekor sebagai pembalap tertua MotoGP

Sejauh ini, The Doctor telah menorehkan catatan sebagai pembalap yang meraih 114 kemenangan pada GP Catalunya musim 2016 lalu. Kini, selangkah lagi, Rossi akan mencapai rekor lainnya. Pembalap yang identik dengan nomor 46 tersebut akan menggeser posisi Troy Bayliss di urutan kedelapan sebagai rider GP tertua.

Troy Bayliss menorehkan catatan sejarah tersebut saat dirinya berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam GP Valencia yang dihelat di Sirkuit Ricardo Tomo pada tanggal 29 Oktober 2010 silam. Kala itu, sang pembalap asal Australia tersebut telah menginjak usia ke 37 tahun 213 hari. Tak hanya mencatakan momen sejarah tersebut, tetapi juga mempersembahkan tahun terbaik bagi tim pabrikan asal Italia, Ducati.

Urutan teratas dalam tabel pembalap tertua MotoGP masih dipegang oleh Fergus Anderson. Dimana, rider asal Britania Raya itu berhasil menjuarai Sirkuit Catalunya, Barcelona pada tahun 1953, saat usianya menyentuh angka 44 tahun lewat 237 hari.

Vinales: Kita Semua Tahu Kehebatan Rossi

Maverick Vinales yang secara resmi telah bergabung bersama tim Yamaha untuk musim depan mengungkapkan bahwa Valentino Rossi yang akan menjadi rekan satu timnya nanti merupakan pembalap yang hebat. “Semua orang pasti mengetahui siapa itu Rossi. Ia adalah pembalap yang hebat dengan sejuta pengalaman,”

Maverick Vinales

Maverick Vinales akui kehebatan Rossi

“Saya merasa senang menjadi rekan timnya untuk musim depan. Tentu saya akan belajar banyak darinya, agar bisa melebihi level Dia. Untuk mencapai itu, tentu saya akan bekerja keras,” ungkap The Top Gun.