Jadwal Resmi Pramusim MotoGP 2017

Dorna Sport

Dorna Sport selaku operator yang menangani perhelatan MotoGP, secara resmi telah meluncurkan jadwal test pramusim untuk musim 2017 mendatang. Test uji coba motor untuk pertama kalinya dijadwalkan pada tanggal 15 sampai 16 November 2016. Tim balap KTM akan menjadi kontestan baru untuk musim MotoGP 2017.

Dorna Sport

Dorna Sport resmi merilis jadwal Test Pramusim MotoGP 2017

Jadwal pramusim tak banyak berubah, sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, bahwa Sirkuit Valencia, Spanyol akan menjadi tempat pertama untuk para rider menguji kendaraannya masing-masing. Dilangsungkan pada tanggal 15-16 November 2016. Jorge Lorenzo yang memutuskan untuk mengakhiri kontraknya bersama Yamaha dan bergabung bersama Ducati Corse untuk dua musim mendatang serta juga Maverick Vinales yang menggantikan posisi X-Fuera dan akan berduet dengan Valentino Rossi dikabarkan telah mengantongi izin.

Selain di pembalap tersebut, nama-nama besar lainnya seperti Aleix Espargaro dan Andrea Iannone yang resmi bergabung dengan Aprilia Gresini. Sedangkan Pol Espargaro bersama Bradley Smith akan membela tim KTM yang merupakan peserta baru untuk musim baru 2017.

Usai para pembalap melakukan tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Valencia, mereka semua akan dijadwalkan kembali pada tanggal 30 Januari dan 1 Februari 2017 yang akan dihelat d Sirkuit Sepang, Malaysia untuk menguji kendaraan mereka.

Selanjutnya, mereka akan terbang ke Australia dan menjajal kuda besinya di Sirkuit Phillip Island pada tanggal 15 sampai 17 Februari 2017. Terakhir, Sirkuit Losail, Qatar akan menjadi tempat untuk mengetes motor para pembalap sebelum mereka tampil secara resmi di kancah MotoGP 2017 yang dijadwalkan pada 10 hingga 12 Maret. Hanya berselang dua minggu saja, seluruh rider akan menjalani balapan pertama untuk musim baru nanti di tempat tersebut.

Marquez Serius Mempertahankan Gelar Juara Dunia

Sang juara MotoGP 2016, Marc Marquez menyatakan bahwa dirinya akan berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara dunia. Marquez berhasil mengungguli perolehan poin dari sang legenda Valentino Rossi dan satu rekan The Doctor, Jorge Lorenzo dan keluar sebagai juara dunia. Bahkan, The Baby Alien sudah memastikan gelar juara pada seri 15, lantaran duo pembalap Yamaha itu harus mengalami crash. Sehingga secara perhitungan, perolehan angka Marquez tidak mungkin dapat dikejar lagi.

Marc Marquez

Marc Marquez menyatakan akan mempertahankan gelar juara dunia

“Saya akan berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara dunia saya di musim lalu. Saya mengerti, bahwa persaingan di musim baru mendatang akan lebih sulit. Tetapi, dengan kerja keras dan tetap fokus di setiap serinya. Kemungkinan besar, saya akan mampu kembali menjadi juara dunia,”

“Banyak rider yang telah memutuskan untuk bergabung bersama tim yang baru. Sehingga, mereka akan memaksimalkan seluruh kekuatannya. Jadi, itu menambah persaingan menuju tangga juara semakin sulit. Namun disisi lain, mereka (yang baru bergabung dengan tim baru) akan sedikit mengalami kesulitan, lantaran mereka harus beradaptasi dengan mesin dan kru baru. Jadi, itu menjadi celah yang dapat saya maksimalkan,”

“Saat ini, saya bersama kru telah mendapatkan settingan kendaraan yang tepat. Meskipun kami terus melakukan perubahan di berbagai detail. Demi menciptakan kendaraan yang nyaman dan cepat,” ungkap rider asal Spanyol.

Dani Pedrosa Unggulkan Marquez

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa mengungkapkan bahwa Marc masih menjadi favorit untuk kembali meraih gelar juara dunia di musim 2017 mendatang. Bukan tak perhitungan, menurutnya, Marquez memiliki gaya balap yang mampu mengalahkan semua para pesaingnya. Hal itu sudah terbukti di musim lalu, yang bahkan Marc sering mengalami crash.

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa mengunggulkan Marc Marquez di bursa juara dunia MotoGP 2017

“Saya rasa, Marc tetap menjadi favorit untuk meraih gelar juara dunia di musim baru mendatang. Pasalnya, Dia memiliki gaya balap yang rapi dan indah. Jadi, Dia akan tetap menjadi yang terdepan,” ungkap Dani.