Lorenzo Tutup Seri Final MotoGP 2016 Sebagai Juara

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo menutup petualangannya di musim ini dengan keluar sebagai juara di seri final MotoGP 2016 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada tanggal 13 November 2016 lalu. Kemenangan ini juga menandakan keberhasilan Jorge untuk mempertahankan gelar juara di musim lalu, yang pada saat itu merupakan penentuan gelar juara dunia MotoGP 2015.

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo menjadi juara di GP Valencia MotoGP 2016

Kemenangan di GP Valencia tak hanya mampu mempertahankan gelar juara di sirkuit tersebut, tetapi juga sebagai kado perpisahan yang manis dengan tim Yamaha, lantaran X-Fuera telah memutuskan untuk bergabung bersama tim Ducati Corse dua musim kedepan.

Walaupun Lorenzo berhasil memperoleh poin maksimal di seri terakhir, namun hal tersebut tidak berarti apa-apa di tabel klasemen. Marc Marquez yang pada seri ke 15, sudah dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2016, menyusul Lorenzo dan Rossi secara bersamaan mengalami crash. Sehingga, perolehan angka The Baby Alien di puncak klasemen tidak mampu lagi untuk dikejar, menurut perhitungan sistematis.

Meskipun Marquez sudah berhasil menjadi juara dunia musim ini di saat MotoGP baru memasuki seri ke 15, namun dirinya tetap ingin meraih kemenangan di GP Valencia. Tapi, pembalap asal Spanyol tersebut harus puas finis di urutan kedua dengan selisih waktu yang sangat tipis dengan Lorenzo, yakni hanya 2 detik saja.

Adapun podium ketiga ditempati oleh Andrea Iannone yang sekaligus menjadi hadiah perpisahan yang indah bersama tim Ducati. Pasalnya, posisi Iannone di tim pabrikan Italia tersebut tersingkir akan kedatangan X-Fuera. Sehingga, di musim 2017 mendatang, Iannone akan membela tim Suzuki.

Sementara itu, Legenda MotoGP, Valentino Rossi mengakhiri petualangannya di musim ini dengan hanya finis di urutan keempat saja. Namun walau tidak berhasil meraih podium di seri final MotoGP, tetapi pembalap asal Italia itu menduduki peringkat kedua dalam tabel klasemen akhir di ajang balapan paling bergengsi di dunia saat ini.

Rossi Opitimis Menatap MotoGP 2017

Rider tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi yang pada musim lalu hanya finis sebagai runner up saja, kini dirinya merasa optimis dalam menyambut musim baru 2017 mendatang. The Doctor sudah puasa gelar dari terakhir kalinya diraih pada tahun 2008. Jadi, Rossi menargetkan di musim depan untuk kembali meraih gelar juara dunia.

Valentino Rossi

Valentino Rossi merasa optimis di musim baru mendatang

“Musim lalu saya harus finis di urutan kedua dan keluar hanya sebagai runner up saja. Ini menjadi kesekian kalinya saya hanya finis di belakang sang juara. Namun, di musim baru nanti, saya merasa optimis mampu kembali keluar sebagai juara dunia. Karena itu adalah target saya di MotoGP 2017,”

“Saya memiliki motor dan tim yang hebat. Walaupun persaingan akan terasa ketat, namun saya sudah berpengalaman di ajang ini. Jadi, saya akan berusaha keras untuk kembali menjadi juara. Mari kita tunggu saja di musim baru mendatang yang sebentar lagi akan segera dimulai,” ungkap Rossi.

Vinales: Saya Siap Buktikan di Musim 2017

Rekan baru Rossi di tim Yamaha, Maverick Vinales menyatakan bahwa dirinya akan membuktikan kehebatannya di musim 2017. “Saya sudah siap untuk membuktikan kehebatan saya di MotoGP 2017 mendatang. Saya memiliki tim yang baru dan kendaraan yang hebat,” ungkap Vinales.

Maverick Vinales

Maverick Vinales saat melakukan uji coba motor di GP Valencia

Pembalap yang pada musim lalu masih bergabung bersama tim Suzuki itu, pada musim lalu berhasil menunjukkan skill balapannya dengan terbukti mampu finis di peringkat keempat klasemen akhir. Kini, dirinya telah bergabung bersama tim Yamaha untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Lorenzo yang selama dua musim kedepan akan membela tim Ducati.