Marquez Puncaki Klasemen Akhir MotoGP 2016

Marc Marquez

Marc Marquez berhasil memuncaki klasemen akhir MotoGP musim 2016 dengan raihan 298 poin. Itu berarti, The Baby Alien menjadi juara dunia di kelas utama. Mengalahkan para pesaing lainnya seperti Jorge Lorenzo dan sang idola, Valentino Rossi. Bahkan, gelar juara dunia sudah didapatkan Marquez sejak seri ke 15 yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang pada tanggal 15 Oktober 2016 lalu. Menyusul dua pesaing terdekatnya harus mengalami crash.

Marc Marquez

Marc Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP 2016

“Senang rasanya berhasil memuncaki klasemen hingga akhir musim. Gelar juara dunia ini sangat berarti untuk kemajuan karir saya kedepannya. Saya masih muda dan perjalanan saya masih sangat panjang. Jadi, momentum juara ini menjadi bekal saya untuk memulai petualangan di musim baru mendatang,”

“Gelar ini akan coba saya pertahankan di musim 2017, meskipun saya mengetahui bahwa persaingan gelar juara di musim baru nanti akan semakin ketat. Sejumlah pembalap memiliki tim yang baru dan kendaraan yang lebih imprensif. Sehingga, saya akan berusaha lebih keras untuk mengarungi musim baru,” ungkap pembalap asal Spanyol.

Di posisi kedua, ditempati oleh The Doctor yang berhasil mengumpulkan poin sebanyak 249 angka. Berselisih hanya 49 poin saja dari sang juara dunia. Untuk kesekian kalinya, Rossi hanya mampu menjadi runner up di kelas utama. Dirinya sudah absen meraih gelar juara sejak tahun 2009. Terakhir kalinya juara, Ia menukangi kuda besi milik Yamaha.

“Terlebih dahulu saya ingin mengucapkan selamat kepada Marc yang berhasil menjadi juara dunia di musim ini. Tentu saya merasa kecewa hanya mampu menjadi runner up. Namun di musim baru mendatang, saya akan berusaha keras demi merengkuh kembali gelar juara yang sudah absen semenjak 2009 lalu,” ungkap Rossi.

Rekan setim The Doctor di Yamaha Movistar, Lorenzo hanya berhasil mengakhiri petualangannya di musim 2016 dengan finis di posisi ketiga. X-Fuera hanya mengantongi 233 poin saja. Terpaut 16 angka dari peringkat kedua dan 65 poin dari sang pemuncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu pun tak mampu mempertahankan gelar juara di musim sebelumnya.

“Selamat untuk Marc. Kecewa rasanya tak mampu mempertahankan gelar juara. Tapi, di musim baru nanti, saya akan bekerja lebih dari sebelumnya. Tentu saya ingin kembali meraih trofi di akhir musim. Kini, situasinya berbeda, saya telah memiliki tim baru dan tunggangan yang pula baru. Sehingga saya sangat optimis menatap musim baru,” ungkap Lorenzo.

Lorenzo Resmi Bergabung Ducati

Jorge Lorenzo mengakhiri petualangannya bersama tim Yamaha yang telah Ia bela semenjak tahun 2008 silam. Kini, dirinya secara resmi telah bergabung bersama Ducati Corse dengan durasi kontrak selama dua tahun. Lorenzo menggantikan posisi Iannone yang bergabung bersama tim Suzuki.

Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo resmi bergabung bersama Ducati Corse

“Secara resmi kami umumkan, bahwa Jorge Lorenzo menjadi bagian dalam skuat kami. Ia resmi menjadi pembalap Ducati untuk dua musim mendatang. Kami berharap Ia mampu tampil imprensif dan memberikan kami gelar juara,” ungkap petinggi pabrikan asal Italia itu.

Maverick Vinales Berduet Dengan Rossi

Satu slot pembalap di tim Yamaha Movistar yang ditinggalkan oleh X-Fuera, kini sudah resmi diisi oleh Maverick Vinales. Pembalap yang pada musim lalu membela tim Suzuki, kini secara resmi bergabung bersama tim Yamaha dan akan berpasangan dengan legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Maverick Vinales

Maverick Vinales saat sesi tes ujicoba motor Yamaha

“Terima kasih Lorenzo yang berjuang bersama kami dalam beberapa tahun terakhir. Kini, Vinales menjadi pembalap resmi kami dan akan berduet dengan Rossi. Tentu, kami menggantungkan harapan gelar juara di kedua pembalap tersebut,” ungkap perwakilan Yamaha.