Movistar Yamaha Pertahankan Gelar Juara Tim MotoGP 2016

Tim Movistar Yamaha

Meskipun gelar juara dunia MotoGP 2016 jatuh ke tangan Marc Marquez yang merupakan pembalap asal tim Honda, namun tim Movistar Yamaha sukses menjadi kampiun dalam kategori tim MotoGP 2016 dan mempertahankan gelar juaranya yang mampu diperoleh pada musim 2015.

Tim Movistar Yamaha

Tim Movistar Yamaha sukses menjadi kampiun Tim MotoGP 2016

Hasil tersebut tak terlepas dari kedua pembalapnya, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang finis di urutan kedua dan ketiga klasemen akhir MotoGP musim lalu.

Sebelum seri pamungkas perhelatan balapan paling bergengsi seantero dunia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia dilaksanakan. Tim Movistar Yamaha sudah memimpin klasemen tim MotoGP dengan keunggulan 10 angka dari rival abadinya, Repsol Honda.

Hingga pada akhirnya, Yamaha mampu mengamankan gelar juara di musim sebelumnya, menyusul Lorenzo berhasil keluar sebagai yang tercepat dan Rossi finis di urutan keempat.

Sementara poin yang didapatkan oleh tim Honda hanya berasal dari Marquez yang finis sebagai runner up dalam GP Valencia, sedangkan satu rekan The Baby Alien, Dani Pedrosa harus mengalami crash di dan tak mampu melanjutkan seri terakhir MotoGP.

Tim Movistar Yamaha keluar sebagai juara dalam kategori tim MotoGP di musim lalu dengan perolehan angka sebanyak 482 poin. Unggul 28 angka atas tim Repsol Honda. Ini menjadi gelar ketujuh untuk mereka, sejak petama kali diperkenalkan pada musim 2002 lalu.

Di urutan ketiga tim MotoGP 2016, dipegang oleh tim Suzuki Esctar yang berhasil meraih poin sebanyak 295 angka. Jauh dari perolehan angka yang didapatkan oleh kedua tim raksasa diatasnya. Namun walaupun demikian, ini merupakan hasil yang memuaskan bagi mereka. Pasalnya, mereka baru melakukan comeback di ajang MotoGP pada musim 2015 lalu.

Hasil tersebut juga mengungguli tim raksasa asal Italia, Ducati yang harus bertengger di urutan keempat dengan hanya memperoleh 283 angka saja. Menutup lima besar klasemen akhir tim MotoGP 2016, diklaim oleh tim Monster Yamaha Tech 3 dengan 197 poin.

Honda Kampiun Konstruktor MotoGP 2016

Tim Movistar Yamaha boleh berbangga bahwa mereka mampu menjadi juara dalam kategori tim MotoGP musim lalu. Namun, Honda sukses keluar sebagai juara dalam kategori konstruktor MotoGP 2016. Pabrikan yang kini bermarkas di Aalst, Belgia itu telah melalui 18 seri dengan berhasil meraup poin sebanyak 369 angka. Poin konstruktor diperoleh dari para rider yang bernaung dibawah Honda.

Honda

Honda menjadi juara Konstruktor MotoGP 2016

Pada musim 2016, Honda diperkuat oleh tiga pembalap, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Tim Repsol Honda dan satu rider bersama LCR Honda, yaitu Cal Crutchlow.

Adapun cara perhitungan poin di kategori konstruktor berbeda dengan tim. Poin tim diperoleh dari hasil akumulasi para rider yang memperkuat satu tim yang sama. Sebagaimana di musim ini, Tim Movistar Yamaha mampu meraih gelar juara dalam kategori tim MotoGP dengan perolehan 482 angka.

Perolehan poin tersebut didapatkan dari kombinasi angka The Doctor yang mencapai 249 poin dan satu rekannya, X-Fuera yang mengumpulkan 233 poin. Sementara poin konstruktor dihitung dari angka tertinggi yang diperoleh dari para pembalap di satu serinya.

Posisi kedua konstruktor diklaim oleh Yamaha yang hanya sukses mengumpulkan 353 angka saja atau terpaut 16 angka saja dari sang juara. Padahal, Yamaha diperkuat empat pembalap, yakni Rossi, Lorenzo di tim utama dan Pol Espargaro dan Bradley Smith di tim Monster Yamaha Tech 3.

Honda dan Yamaha Tetap Difavoritkan di Musim Depan

Baik Honda maupun Yamaha diprediksi akan tetap menjadi favorit di ajang MotoGP musim 2017 mendatang. Meskipun, Ducati akan diperkuat oleh Lorenzo yang memutuskan untuk meninggalkan tim Yamaha.

Honda dan Yamaha

Honda dan Yamaha tetap menjadi favorit juara di MotoGP 2017

Terlebih tim Suzuki yang ditinggalkan oleh pembalap andalannya di dua musim terakhir, Maverick Vinales. Begitu pula dengan tim-tim lainnya yang dari musim ke musim masih kesulitan.