Sirkuit Losail, Qatar Test Pramusim Terakhir MotoGP 2017

Sirkuit Losail, Qatar

Jadwal pramusim MotoGP 2017 untuk berbagai kelas mulai dari kelas utama, Moto2 hingga Moto3 telah resmi diluncurkan oleh IRTA atau Asosiasi Balap Internasional Tim. Namun dari ketiga kelas tersebut, terdapat perbedaan waktu dalam pengujian motor baru. Tes pertama akan dilakukan di Sirkuit Jerez, Spanyol pada bulan 15 hingga 16 November 2016 lalu.

Sirkuit Losail, Qatar

Sirkuit Losail, Qatar akan jadi tempat terakhir seluruh tim menguji motor baru

Selanjutnya, para rider akan menuju ke daratan Asia Tenggara tepatnya di Malaysia untuk melakukan tes uji motor yang kedua yakni di Sirkuit Internasional Sepang. Rencananya, akan dihelat pada tanggal 30 Januari 2017 dan berakhir 1 Februari 2017.

Hanya berselang dua minggu saja, seluruh pembalap bersama tim akan langsung terbang ke Australia untuk melakukan pramusim yang ketiga kalinya. Mereka semua akan menjajal kuda besi barunya pada tanggal 15 hingga 17 Februari 2017 di Sirkuit Phillips Islands.

Berlanjut ke Sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 10 sampai 12 Maret 2017. Ini menjadi tes uji kendaraan para pembalap yang terakhir kalinya dan mematangkan motor baru sebelum mengaspal dalam perlombaan MotoGP di musim 2017 mendatang.

Sejauh ini, terdapat dua nama yang mendapatkan perhatian khusus dari berbagai kalangan maupun pihak terkait, yakni Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales. Kedua rider tersebut memutuskan untuk hijrah dan membela tim lain.

X-Fuera yang telah membela tim Yamaha sejak tahun 2008 dan telah meraih gelar juara dunia sebanyak tiga kali, memilih untuk meninggalkan tim tersebut dan bergabung bersama tim Ducati Corse dalam dua musim kedepan.

Begitu pula dengan The Top Gun yang dalam dua musim terakhir ini bersama tim yang baru saja comeback di pergelaran MotoGP, Suzuki berhasil menunjukkan kehebatannya dalam memaju kuda besinya. Puncaknya, di musim 2016 lalu, Vinales sukses finis di urutan keempat dalam tabel klasemen akhir MotoGP 2016.

Saat ini, sejumlah tim tengah mempersiapkan untuk meresmikan kendaraan baru para ridernya yang akan digunakan untuk mengarungi musim baru nanti. Dijadwalkan, tim Movistar Yamaha yang akan dibela oleh Valentino Rossi dan Vinales akan memperkenalkan YZR-M1 terbarunya di hari ini yang dihelat di Madrid, Spanyol.

Sedangkan tim Ducati Corse yang pada musim 2017 diperkuat oleh Andrea Dovizioso dan Lorenzo, rencananya akan meluncurkan Desmosedici GP17 pada hari Jumat esok hari.

Menurut Rossi Persaingan Gelar Juara Dunia Akan Ketat

Valentino Rossi yang pada musim 2017 mendatang tetap membela tim Yamaha mengungkapkan bahwa persaingan untuk merebut gelar juara dunia akan terasa menarik dan berjalan dengan sangat ketat. Lantaran, sejumlah tim telah mempersiapkan kendaraan para pembalapnya dengan sebaik mungkin. Terlebih, beberapa pembalap memutuskan untuk bergabung dengan tim baru.

Valentino Rossi

Valentino Rossi ungkap bahwa persaingan di musim depan akan berjalan dengan ketat

“MotoGP 2017 tak akan berbeda jauh dari musim sebelumnya. Persaingan untuk merebut gelar juara dunia akan sangat ketat. Perbedaannya hanya terletak dari tim yang memiliki pembalap baru dan tentu saja motor anyar,” ungkap Rossi.

The Doctor pada musim lalu hanya finis sebagai runner up saja. Setelah tak mampu bersaing dengan penggemarnya, yakni Marc Marquez yang kembali meraih gelar juara dunia sejak 2014 lalu. Di musim 2015, Rossi juga harus puas berada di belakang sang juara, yang kala itu disabet oleh rekan setimnya, Lorenzo.

Marquez Berusaha Pertahankan Gelar Juara Dunia

Sang juara MotoGP 2016 lalu, Marc Marquez menyatakan bahwa dirinya akan berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara dunia yang diperoleh di musim lalu. Meskipun, hal tersebut tak mudah, lantaran banyak yang berubah di musim depan dengan para pembalap yang telah bergabung dengan tim baru.

Marc Marquez

Marc Marquez nyatakan bahwa dirinya akan berusaha keras untuk mempertahankan gelar juara dunia di musim depan

“Tentu saya akan berusaha lebih keras, demi mampu mempertahankan gelar ini. Saya tahu, bahwa di musim depan para pembalap akan tampil imprensif, terlebih sebagian rider memutuskan untuk bergabung bersama tim baru. Sehingga, persaingan akan sangat menarik,” ungkap The Baby Alien.